Perencanaan Design Kolam Renang

Berikut ini informasi bagi Anda yang berencana memiliki kolam renang pribadi. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan dan pertimbangkan dalam perencanaan pembuatan kolam renang diantaranya :

Pertama : Ketersediaan Lahan untuk Lokasi Kolam renang.

Ketersediaan lahan sebagai tempat lokasi penempatan kolam renang merupakan hal pertama yang harus dipertimbangkan. Sebuah kolam renang untuk keluarga tentunya berdekatan atau menjadi satu dengan area rumah anda dan bentuk serta type sirkulasi kolam renang juga mengikuti kondisi penempatan kolam renang.

]Kedua : Mempelajari Jenis-jenis struktur dan Sistem Filtrasi Kolam Renang.

Berikut informasi perbedaan dasar dari dua jenis struktur konstruksi dan system pembuatan kolam renang :

A. Sistem kolam renang Skimmer Box
Sistem kolam renang skimmer box adalah system sirkulasi kolam renang dimana air berada di bawah bibir kolam renang. System ini menguntungkan bagi pemilik kolam renang yang tidak memiliki lahan yang luas karena tidak perlu membangun balancing tank dan selokan.

B. Sistem kolam renang Overflow
System kolam renang Overflow adalah system sirkulasi dimana air dalam kolam renang akan meluap atau melimpah

Air kolam yang melimpah akan tumpah kedalam saluran yang berada di sisi luar kolam renang yang biasa disebut Gutter Overflow. Dalam System Overflow diperlukan adanya Balancing Tank.

Jadi, air kolam renang yang melimpah masuk kedalam Balancing Tank melalui pipa dari Gutter Overflow lalu air kolam renang dari Balancing Tank tersebut dihisap masuk ke dalam Pompa lalu masuk kedalam Sand Filter dan air balik lagi masuk kedalam kolam renang melalui Inlet Fitting yang telah dipasang begitu seterusnya.

Apabila hujan maka air kolam renang dan Balancing Tank akan melimpah atau meluap, sehingga akan diperlukan pipa saluran limpahan menuju ke saluran pembuangan, posisi saluran pembuangan ini haruslah lebih rendah dari posisi pipa luapan dari Balancing Tank.

Ketiga : Memilih bahan Material Konstruksi kolam renang.

Hal lain yang sangat penting adalah pertimbangan dalam memilih bahan untuk material konstruksi kolam renang. Bahan material konvensional dengan system pengecoran pada seluruh struktur kolam dapat saja dilakukan untuk kolam yang berada pada lokasi tanah yang stabil dan tidak rawan gempa, sebaliknya akan ada perhitungkan resiko keretakan bila kolam dibangun pada wilayah yang rawan terkena gempa bumi

Keempat : Mengetahui Tipe-tipe Filter kolam renang.

Pada sebuah kolam renang, filter digunakan sebagai alat untuk sirkulasi air dan bahan obat-obatan (chemical) agar kejernihan air kolam renang serta kebersihannya selalu terjaga. Ada beberapa tipe filter yang dapat kita pilih pada saat perencanaan awal sebelum membuat kolam renang. Alternatif tipe filter yang akan digunakan nantinya sangat berhubungan dengan konstruksi struktur kolam renang itu sendiri karena besar serta kecilnya suatu kolam renang akan berhubungan dengan tipe filter.

Kelima : Mempelajari Cara Merawat Kolam dan Perawatan Air Kolam Renang.

Untuk perawatan air kolam renang, dapat dilakukan sendiri atau menyewa jasa yang khusus melakukan perawatan air kolam renang. Sedangkan untuk chemical dapat dibeli pada pihak penyedia jasa perawatan kolam renang. Mudah tidaknya pekerjaan perawatan kolam akan sangat tergantung pada jenis struktur konstruksi dan system sirkulasi kolam renang anda.

Jadi tunggu apa lagi, serahkan permasalahan kolam renang anda kepada Tim Kami, silahkan menghubungi kami, tim kami akan segera merespon permintaan kebutuhan anda.

Comments for this post are closed.